WNI Meninggal Dunia Akibat Kecalakaan Lalu Lintas di Mekkah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga Negara Indonesia (WNI) meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan raya Mekkah, Rabu (25/7/2018).

Hal tersebut disampaikan Komjen RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin dalam keterangan yang diterima Tribun, Senin (30/7/2018).

Mohamad Syafii, pria kelahiran Banyuwangi, 5 Oktober 1969, meninggal di lokasi kejadian.

Almarhum merupakan sopir bus di Perusahaan Otobus (PO) Saptco yang berkantor di Kawasan Taneem, Mekkah.

Baca: Ketika Pelapor Buni Yani dan Jonru Ginting Jadi Calon Legislatif dari PSI

Peristiwa yang terjadi pukul 13.30 waktu setempat tersebut bermula saat sebuah mobil dari arah berlawanan (arah Mekkah ke Madinah) melaju kencang dan kehilangan kendali.

Kemudian mobil tersebut menabrak pembatas jalan, lalu menghantam bus yang dikemudikan korban yang menyebabkan posisi sopir bus terjepit.

Mobil penabrak dan bagian depan bus terbakar seketika di jalan raya antara Khulays dan Usfan atau kurang lebih 100 kilo meter ke arah Mekkah.

Baca: AHY Kembali Absen Dampingi SBY Bertemu Presiden PKS

Dijelaskan Hery, saat kejadian Syafii bersama rombongan yang terdiri dari empat bus itu sedang mengangkut jemaah haji asal Turki dari Madinah menuju Makkah.

Bus pertama dikemudikan korban menyusul di belakangnya bus yang dikemudikan Imam Suwandi.

Tim perlindungan Warga KJRI Jeddah, Minggu, 29 Juli 2018, mendatangi Perusahaan tempat Syafii bekerja untuk menindaklajuti kecelakaan tersebut serta memperoleh update penanganan kasusnya.

Tim diterima Mohammed Jamel Bakour, Kepala Urusan Kepegawaian.

Kepada Tim Perlindungan, Jamel memastikan korban akan memperoleh hak-haknya, terdiri dari sisa gaji, pesangon sesuai masa kerja, asuransi kecelakaan kerja dari perusahaan, dan uang diyat dari pihak penabrak yang bisa diperoleh melalui proses pengadilan.

Baca: Membaca Makna di Balik Sikap SBY Legowo AHY Tidak Mendapat Tiket Jadi Capres atau Cawapres

"Kami (KJRI) kawal kasus ini sampai tuntas. Kami terjunkan tim petugas ke Mekkah dan Madinah untuk mengurus kasus ini," ujar Hery.

Tim Perbantuan Haji KJRI telah menemui Sasongko Wibowo, adik Mendiang Mohamad Syafii yang kebetulan sudah tiba di Madinah untuk menunaikan ibadah haji dari Kloter 33 Embarkasi Surabaya (SUB-33).

Tujuannya adalah untuk meminta tanda tangannya atas nama keluarga almarhum, di atas surat pernyataan, bahwa pihak keluarga telah mengikhlaskan kakaknya itu untuk dikebumikan di Arab Saudi.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/30/wni-meninggal-dunia-akibat-kecalakaan-lalu-lintas-di-mekkah

0 Response to "WNI Meninggal Dunia Akibat Kecalakaan Lalu Lintas di Mekkah"

Posting Komentar