Awas, 4 Makanan Ini Bisa Picu Batu Ginjal

TRIBUNNERS - Ginjal merupakan organ vital yang tugasnya menyaring racun dalam tubuh.

Namun ginjal adalah satu organ yang rentan terkena masalah salah satunya akibat pembentukan batu ginjal. Batu ginjal bisa menurunkan fungsi ginjal dan merusak ginjal jika ditangani.

Batu ginjal sendiri terbentu akibat akmulasi kalsium dan zat lainnya, dan membentuk butiran kristal seperti batu. Batu ginjal bisa terbentuk dari makanan dan minuman yang dikonsmusi setiap hari. Nah berikut ini ada makanan yang sebaiknya kamu batasi karena memicu pembentukan batu ginjal.

1 Daging Merah

Daging merah juga makanan yang bisa batu ginjal, daging merah mengandung purin yang cukup banyak. Purin merupakan zat yang bisa memicu naiknya kadar asam urat, nah saat asam urat tidak tersekresi dengan baik oleh ginjal, maka asam urat bisa menumpuk dalam ginjal dan lama-kelamaan bisa membentuk batu ginjal.

2 Minuman dengan Pemanis Buatan

Makanan dengan pemanis buatan sangat buruk jika dimakan dalam jangka panjang terutama untuk kesehatan ginjal. Pemanis buatan ini berisiko memicu batu ginjal.

3 Minuman Berkafein

Mengkonsumsi minuman yang berkafein tinggi setiap hari bisa meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, bahkan bisa merusak ginjal Anda. Batasilah minum minuman berkafein tinggi dari kopi, teh atau minuman bersoda karena minuman ini bisa menjadi pencetus kerusakan ginjal.

4 Ikan Sarden

Hampir sama dengan kasus daging merah, ikan sarden juga mengandung purin yang banyak sehingga Anda yang disarankan untuk mewasadai saat makan ikan sarden. Anda tetap boleh makan sarden namun jangan berlebihan.

Selengkapnya

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/tribunners/2018/07/26/awas-4-makanan-ini-bisa-picu-batu-ginjal

0 Response to "Awas, 4 Makanan Ini Bisa Picu Batu Ginjal"

Posting Komentar