Menteri Rini Tetap Yakin Negosiasi Akhir Akuisisi Saham Freeport Tuntas di Bulan Juli

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berulang memastikan kalau proses negosiasi pemerintah melalui PT Inalum dan PT Freeport Indonesia (PT FI) akan selesai bulan Juli 2018 ini.

Namun Rini masih enggan menyebutkan waktu pasti selesainya perundingan apakah pada pertengahan Juli 2018 atau akhir bulan Juli 2018 karena menunggu kesiapan keduanya.

"Sabar, pokoknya target kita Juli ini selesai semua. Cuman kan kita tetap belum mau umumkan karena kita harus sama-sama,tidak terlepas semua perjanjian harus terselesaikan," kata Rini saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018).

Maka jelang akhir negosiasi, Rini menyebut pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan target-target seperti divestasi 51 persen, pembangunan smelter, peningkatan jumlah pendapatan untuk Indonesia dapat terlaksana.

"Termasuk Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) nya, mengenai stabilitas investasi, karena kan kita akan invest cukup besar, jadi itu semua kita selesaikan dengan Kemenkeu, dan  Kementerian ESDM," ungkap Rini.

Baca: Harga Pakan Ternak Mulai Terimbas Pelemahan Rupiah

Adapun rencana realisasi divestasi 51 persen akan dilakukan dengan membentuk perusahaan gabungan (joint venture) dengan tetap mempertahankan nama Freeport Indonesia.

"PT FI-nya jadi, join venture agreement-nya itu untuk me-manage PT FI. Namanya tetap freeport Indonesia," ungkap Rini.

Izin Operasi Diperpanjang

Pagi tadi (4/7/2018) Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot Ariyono mengumumkan karena divestasi belum selesai maka pemerintah memperpanjang izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Gatot menyebut lama waktunya selama sebulan atau hingga akhir Juli 2018 sesuai dengan Keputusan Menteri Nomer 1872 tahun 2018 sehingga Freeport tetap bisa menjual konsetrat ke luar negeri.

"Aspek divestasi, smelter, perpanjangan operasi sudah mendekati final. Penyelesaian lingkungan masih dibutuhkan waktu, kita berikan waktu kembali tapi hanya 1 bulan untuk Freeport, pemerintah, dan Inalum untuk selesaikan,” Kata Bambang Gatot di Kantor Dirjen Minerba, Jakrta Selatan, (4/7/2018).

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/07/04/menteri-rini-tetap-yakin-negosiasi-akhir-akuisisi-saham-freeport-tuntas-di-bulan-juli

0 Response to "Menteri Rini Tetap Yakin Negosiasi Akhir Akuisisi Saham Freeport Tuntas di Bulan Juli"

Posting Komentar