Jelang hadapi Spanyol: Apakah Rusia bakal tampil menakjubkan seperti tim era Soviet?

Timnas Rusia akan menghadapi Spanyol pada babak 16 besar pada Minggu (01/07) malam WIB. Apakah timnas Rusia sekarang lebih hebat ketimbang era Lev Yashin dkk?

Uang kertas seratus rubel Rusia (setara Rp22 rupiah) bergambar Lev Yashin beredar selama Piala Dunia. Di permukaan uang tersebut ada anak berkaus jersey menatap kagum 'si Laba-Laba Hitam' yang tengah menyelamatkan gawangnya.

''Lev Yashin," ungkap Daniil Rubin, pria Rusia berusia 20 tahun, "adalah legenda sepak bola Uni Soviet yang paling dirayakan di Rusia, sampai sekarang.''

''Dia pahlawan sepak bola kami,'' tambahnya agak bersemangat, saat ditemui di sekitar Jalan Nikolskaya, Moskow, tempat berkumpul para suporter sepak bola dari berbagai negara — termasuk warga Rusia yang mendukung tim tuan rumah.

Di tahun 1963, Yashin pernah meraih penghargaan bergengsi Ballon d'Or — penghargaan untuk kiper terbaik di jagad raya. Kemudian tiga tahun berikutnya, timnas Uni Soviet sampai ke perempat final Piala Dunia dan duduk di posisi ke empat pada laga yang berlangsung di Inggris.

''Di masa itu, sepak bola Uni Soviet di zaman keemasannya,'' ujar Daniil kepada warga Indonesia yang tinggal di Moskw, Clara Rondonuwu, untuk BBC News Indonesia.

Sepak bola mulai populer di era Uni Soviet sekitar dekade 1920-an. Klub sepakbola tertua yaitu CSKA Moskow, yang berdiri pada 1911 dan merupakan tim sepak bola resmi tentara Soviet. Di wilayah lainnya, klub Dinamo Moskow lahir dan menjadi klub bagi pegawai Kementerian Dalam Negeri dan Cheka — pendahulu dinas intelijen Uni Soviet KGB.

Dari tim-tim yang umumnya dikelola oleh agen pemerintah tersebut, lahirlah Spartak Moskow. Klub yang satu ini dibentuk organisasi serikat perdagangan publik di tahun 1922. Inilah ''Tim Rakyat'' di zaman Uni Soviet, yang didanai oleh sejumlah badan sipil.

Sepak bola kemudian masuk masa keemasan di pengujung 1940-an dan 1950-an. Ketika itu, timnas Rusia menyabet emas di Olimpiade Melbourne 1956. Atlet terkenal muncul, di antaranya Vsevolof Bobrov. Tapi nama-nama tersebut tidak secemerlang Lev Yashin yang membawa nama Uni Soviet di pertandingan internasional.

Kiprah tim sepak bola Rusia di era Soviet ini terus hidup sampai sekarang. Itulah sebabnya, penggemar timnas Rusia, Aleksander Pashkov, mengatakan ''permainan sepak bola zaman Uni Soviet lebih baik dan lebih kuat dari tim Rusia sekarang''.

Istri Lev Yashin
Getty Images
Istri Lev Yashin, Valentina, saat mengikuti acara peluncuran poster resmi Piala Dunia 2018 pada akhir November 2017 lalu. Poster itu memperlihatkan Lev Yashin tengah menerkam bola.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/internasional/2018/07/01/jelang-hadapi-spanyol-apakah-rusia-bakal-tampil-menakjubkan-seperti-tim-era-soviet

0 Response to "Jelang hadapi Spanyol: Apakah Rusia bakal tampil menakjubkan seperti tim era Soviet?"

Posting Komentar