Hasil Survei SRMC: Gatot Numantyo Tempati Posisi Kedua Jadi Cawapres yang Disukai Masyarakat

Laporan wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menempati urutan kedua sebagai calon wakil presiden menurut survei yang dilakukan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) dalam lingkup massa pemilih nasional.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan dalam pemaparannya.

"Pak Gatot di level elite, baik itu elite yang sangat terbatas maupun opinion leader, itu tidak masuk sebagai pilihan cawapres yang disukai, tapi di level massa, Pak Gatot memiliki tingkat kesukaan masyarakat yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi daripada tokoh-tokoh lainnya," ujar Djayadi di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).

Baca: Anies Baswedan Kaget Muncul Wacana Dirinya Diduetkan dengan AHY Dalam Pilpres 2019

Hal tersebut sangat disayangkan menurut Djayadi.

Gatot Nurmantyo, dikatakan Djayadi, minim upaya untuk mendekati partai politik untuk mengusung dirinya sebagaiai calon wakil presiden, baik itu kubu dari pemerintah atau dari oposisi atau bahkan kubu ketiga.

"Di satu pihak Pak Gatot dinilai memiliki potensi dan secara individu juga setidaknya beliau pernah mengungkapkan keinginananya untuk menjadi calon presiden atau wakil presiden," tambah Djayadi.

Namun, tambah Djayadi, tidak adanya upaya melobi, komunikasi, atau mendekati partai-partai politik, membuat peluang Gatot Nurmantyo menjadi minim.

Baca: Anies Baswedan Jelaskan Asal Usul Dirinya Bisa Satu Mobil Dengan JK Saat ke PP Muhammadiyah

"Sebab kan tidak mungkin maju sebagai calon presiden dan wakil presiden tanpa dukungan dari parrai politik," tutur Djayadi.

Seperti diketahui, dalam temuan survei SRMC, nama Gatot Nurmantyo memeroleh persentase sebesar 85 persen.

Adapun posisi pertama ditempati Presiden Joko Widodo dengan persentase 85 persen.

Baca: Anies Baswedan Dipanggil Zulkifli Hasan untuk Jelaskan Soal Reklamasi

Sementara urutan di bawah Gatot Nurmantyo, antara lain ada nama Mahfud MD, Prabowo Subianto, dan Sri Mulyani, dengan masing-masing persentase sebesar 81 persen untuk ketiga nama tersebut.

Survei SRMC yang dilakukan pada Mei 2018 tersebut dilakukan kepada 2206 responden dengan batas umur minimal responden 17 tahun atau lebih.

Sementara itu, populasi yang dipilih yakni secara random (multistage random sampling) 2530 responden.

Kemudian, Margin of Error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar kurang lebih 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/05/hasil-survei-srmc-gatot-numantyo-tempati-posisi-kedua-jadi-cawapres-yang-disukai-masyarakat

0 Response to "Hasil Survei SRMC: Gatot Numantyo Tempati Posisi Kedua Jadi Cawapres yang Disukai Masyarakat"

Posting Komentar