Menlu Retno: Saat Asian Games, Korsel dan Korut Akan Pakai Bendera Unifikasi Korea

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) akan tampil dalam ajang Asian Games 2018 di Indonesia dengan membawa bendera unifikasi Korea.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat memaparkan sejumlah isu penting dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR RI.

"Pada saat Asian Games, Korsel dan Korut akan memakai bendera unifikasi Korea," ujar Retno, dalam RDP di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).

Perlu diketahui, bendera unifikasi Korea biasa digunakan untuk mewakil gabungan antara Korea Utara dan Korea Selatan dalam ajang kompetisi olahraga internasional.

Lebih lanjut Retno menambahkan bahwa Indonesia mengapresiasi hubungan baik yang kembali terjalin antara kedua negara Korea yang melakukan pertemuan KTT pada beberapa waktu lalu.

Ia juga berharap agar rencana pertemuan KTT selanjutnya yang akan digelar di Singapura, antara Korut dan Amerika Serikat (AS) berhasil.

Keberhasilan itu menurutnya bisa terwujud jika ada kesepakatan terkait beberapa poin penting, mulai dari denuklirisasi hingga jaminan keamanan bagi Korut.

"Keberhasilan rencana KTT AS dan Korut akan sangat tergantung pada beberapa hal, (yakni) mengenai denuklirisasi, pencabutan sanksi, dan jaminan keamanan bagi Korut," kata Retno.

RDP antara Kementerian Luar Negeri dan Komisi I telah dimulai sejak pukul 13.00 WIB dan hingga kini masih berlangsung.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/31/menlu-retno-saat-asian-games-korsel-dan-korut-akan-pakai-bendera-unifikasi-korea

0 Response to "Menlu Retno: Saat Asian Games, Korsel dan Korut Akan Pakai Bendera Unifikasi Korea"

Posting Komentar