Besok BPIP Akan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berencana menggelar upacara memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2018.

Acara tersebut direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Peringatan hari lahir Pancasila ini sengaja digelar sebagai bentuk dan upaya dari pemerintah merawat serta menjaga ideologi bangsa, yaitu Pancasila.

Baca: Fredrich Minta Waktu Dua Minggu Susun Pledoi 1000 Halaman, Hakim Putuskan 8 Hari

"Pancasila bukan saja harus dapat menjadi lentera ditengah kegelapan, namun harus menjadi jalan penuntun dalam berbangsa dan bernegara," ujar Anggota BPIP Zuly Qodir di kantor BPIP, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).

Ia menambahkan, peringatan hari lahir Pancasila juga sebagai renungan apakah saat ini Pancasila hanya masih sebagai jargon atau simbol semata.

Baca: Tidak Ada Hal Meringankan, Jaksa Tuntut Maksimal Fredrich Yunadi Dengan 12 Tahun Penjara

"Pancasila harus mampu menjadi ideology public yakni mendorong kearah terciptanya kebajikan bersama warga negara (public virtue and public goods), dalam praktek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ucap Zuly

Sebab tanpa menjadi ideologi yang dimiliki secara massal, maka gagasan agar Pancasila menjadi ideologi yang mengayomi, menerangi serta menjadi referensi anak-anak bangsa tidak akan teraktualkan.

Untuk itu Zuly mengajak masyarakat untuk renungkan bersama kehadiran Pancasila sebagai ideology bangsa dan negara.

Baca: Kedubes AS Pindah Ke Yerusalem, Menteri Retno: Indonesia Desak PBB Ambil Langkah Tegas

Dimana Pancasila tidak boleh hanya menjadijargon, Pancasila tidak bisa hanya menjadi lambang (symbol), tetapi Pancasila harus hadir ditengah masyarakat menjadi daya dorong, daya gerak, dan inspirasi untuk hadirnya cultural citizenship dan public goods sehingga menjadi milik semua warga negara, bukan hanya satu golongan saja.

"Pancasila harus menjadi ideologi yang hidup dan menghidupkan.lnilah tantangannya!" ujar Zuly.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila sendiri rencananya akan digelar di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Lokasi itu sengaja dipilih karena memiliki nilai historis, terlebih berkaitan dengan lahirnya ideologi Pancasila.

"Karena waktu tahun 1945 mulai dari 29 Mei sampai 1 Juni, di situ diadakan sidang yang berkaitan tentang ideologi," ucap Zuly.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/31/besok-bpip-akan-gelar-upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila

0 Response to "Besok BPIP Akan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila"

Posting Komentar