Polda Jabar Sudah Minta Pengelola Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek Kurangi Posko

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Polda Jabar sudah meminta pengelola rest area di ruas Tol Jakarta-Cikampek untuk tidak menggunakan lahan parkir dengan pos-pos yang tidak seharusnya ada sehingga berimbas pada berkurangnya lahan parkir.

‎Pengalaman tahun lalu, rest area di Tol Japek dipenuhi pos-pos barang dagangan dan jasa. Tidak sedikit pos-pos tersebut menggunakan lahan parkir sehingga lahan parkir berurang.

Imbasnya, kendaraan pemudik yang hendak beristirahat kehabisan parkir dan menimbulkan antrian panjang hingga ke ruas jalan tol.

"Ya itu yang kami evaluasi. Kemarin (tahun lalu) banyak yang tidak diperlukan di rest area tapi justru ada sehingga berimbas pada lahan parkir di rest area yang berkurang," kata Wakapolda Jabar Brigjen Supratman di Jalan Dipenogoro Kota Bandung, Rabu (6/6).

Pihaknya sudah meminta pengelola rest area untuk mengurangi pos-pos komersil yang mengganggu mobilitas pemudik. "Sudah kami minta pengelola rest area untuk mengurangi," ujar dia.

Ia mengakui mobilitas pemudik di rest area jadi salah satu penyebab kemacetan di Jalan Tol. Salah satunya, rest area yang sudah penuh namun masih banyak pemudik yang ingin masuk. Karena penuh, banyak pemudik yang berisirahat di bahu jalan sehingga ruas jalan tol menyempit dan terjadi kemacetan.

"Itu jadi bahan perhatian, anggota akan disiagakan di setiap rest area untuk melayani mobilitas pemudik di jalan tol yang hendak beristirahat di rest area, termasuk mengarahkan pemudik agar tidak berhenti di bahu jalan karena rest area penuh," ‎ujarnya.

Kabag Minops Ditlantas Polda Jabar‎ AKBP Asep Pujiyono menambahkan pengalihan kendaran di jalan tol akan dilakukan polisi jika kemacetan tak terhindarkan di ruas Tol Jakarta - Cikampek. Pengalihan kendaraan di Tol Japek yang ditangani Polda Jabar akan menggunakan akses GT Karawang Barat dan Timur.

"Jika di Tol Japek macet opsi penanggulangannya dengan pengalihan kendaran ke GT Karawang Barat dan Timur kemudian menggunakan jalur arteri Karawang. Selain itu, opsi lainnya dengan membuat contra flow. Opsi itu akan dilakukan melihat situasi dan kondisi," kata Asep pada kesempatan yang sama.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/06/06/polda-jabar-sudah-minta-pengelola-rest-area-di-tol-jakarta-cikampek-kurangi-posko

0 Response to "Polda Jabar Sudah Minta Pengelola Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek Kurangi Posko"

Posting Komentar