Impor Bisa Dikurangi Jika Pemerintah Bisa Mengurangi Ketergantungan Masyarakat Terhadap Beras

Ditulis oleh: Rizki Triguna Akademisi Institut Pertanian Bogor 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beras merupakan kebutuhan pangan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya dijadikan sebagai sumber karbohidrat, beras juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga khususnya petani.

Selain itu, beras selalu dikaitan dengan permasalahan sosial masyarakat serta persoalan politik. Kebutuhan pangan diatur dan dijamin berdasarkan undang-undang dasar 1945.

Baca: Pasangan Asyik Unggul di Kota Tasikmalaya, Uu Mengaku Tidak Habis Pikir

Oleh karena itu negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang.

Lebih jauh, apabila Indonesia ingin dikatakan berdaulat pangan maka pengeolaan pangan harus diatur dengan kepentingan sendiri dengan tidak tunduk pada negara lain dalam arti tidak melakukan impor pangan.

Berbeda dengan produk non pangan, kebijakan impor beras selalu menimbulkan perdebatan publik. Lihat saja bagaimana respon masyarakat ketika pemerintah melakukan impor beras. Beragam komentar baik yang pro maupun kontra menghiasi di berbagai media.

Baca: Akun Casual Ultra Soroti Aksi Provokatif Ini Jelang Laga Tunda Persija Vs Persib

Bagi yang pro, impor beras merupakan alternatif untuk mencapai ketahanan pangan tatkala produksi beras nasional tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

Namun bagi yang kontra, kebijakan impor merupakan ancaman bagi kedaulatan pangan nasional karena terlalu menggantungkan kebutuhan dasar pada negara lain. 

Persoalan pangan bukan masalah yang baru terjadi, namun telah menjadi persoalan serius sejak pasca kemerdekaan.

Presiden Soekarno bahkan pernah mengatakan, “Tantangan bangsa Indonesia adalah masalah makanan rakyat, bahaya kelaparan, produktivitas yang rendah serta penduduk yang semakin meningkat."

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/tribunners/2018/06/29/impor-bisa-dikurangi-jika-pemerintah-bisa-mengurangi-ketergantungan-masyarakat-terhadap-beras

0 Response to "Impor Bisa Dikurangi Jika Pemerintah Bisa Mengurangi Ketergantungan Masyarakat Terhadap Beras"

Posting Komentar