Mengenal Kampung Lawas Maspati, Dari Wisata Sejarah Hingga Oleh-oleh Herbal

Laporan WaDi kampung tersebut, masih banyak dijumpai bangunan-bangunan asli perkampungan Surabaya tempo dulu yang masih berdiri kokoh S.COM, SURABAYA - Sekitar 500 meter dari Tugu Pahlawan, terdapat kampung peninggalan masa pendudukan Belanda yang masih bertahan hingga hari ini. Kampung Lawas Maspati namanya.

Di kampung tersebut, masih banyak dijumpai bangunan-bangunan asli perkampungan Surabaya tempo dulu yang masih berdiri kokoh.

Baca: Meski digegerkan Kemunculan Buaya di Tanjung Priok, Wisatawan Tetap Berenang di Ancol

Bangunan itu kini dihuni anak cucu para pejuang Surabaya.  Satu di antaranya adalah rumah milik Raden Soemomiharjo, tokoh dari Keraton Surakarta yang oleh warga setempat akrab dipanggil “Ndoro Mantri”.

Ada pula rumah 1907, bangunan itu dulunya digunakana para pemuda Surabaya, khususnya pemuda Kampung Maspati dan sekitarnya untuk menyusun strategi peperangan 10 November 1945.

Sekarang, bangunan di tengah permukiman Kampung Lawas Maspati itu dimanfaatkan oleh cucunya sebagai kafe.

Meski demikian, bagunan-bangunan itu hingga kini tetap terjaga keasliannya, bahkan ketika melihat langsung, anda bisa membayangkan bagaimana pengorbanan para pejuang di kawasan itu.

Kini, Kampung Lawas Maspati yang di dalamnya terdapat bangunan sejarah perlahan mulai tenar, dan menjadi salah satu objek wisata saat berkunjung ke Surabaya. 

Berkat sentuhan tangan kreatif dan saling kerja sama, Kampung Lawas Maspati pun kini disulap oleh warga menjadi kawasan yang ramah, kreatif, edukatid dan pastinya bisa menjadi inspirasi bagi para pengunjung.

Pertama memasuki Kampung Lawas Maspati baik melewati Maspati Gang V atau VI, rasanya tidak berbeda dengan permukiman dalam gang pada umumnya yang hanya mempunyai lebar jalan tak lebih dari tiga meter. 

Namun, kesan awal yang pasti dirasakan yakni kerapihan permukiman yang dihiasi tumbuhan obat di masing-masing teras rumah warga.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/travel/2018/06/17/menganal-kampung-lawas-maspati-dari-wisata-sejarah-hingga-oleh-oleh-herbal

0 Response to "Mengenal Kampung Lawas Maspati, Dari Wisata Sejarah Hingga Oleh-oleh Herbal"

Posting Komentar