Jakabaring Bowling Center Gunakan Sistem Suspended Foundation Dijamin tak Turun Bangunannya

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Beban panitia pelaksana Asian Games 2018 semakin berkurang dengan siapnya venue pertandingan cabang olahraga Boling yang memiliki luas lahan 2,8 ha ini.

Jakabaring Bowling Center di area Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan dipastikan siap digunakan untuk Asian Games 2018.

Venue satu-satunya yang dibangun dari awal untuk kegiatan pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia ini yang menurut rencana digelar pada 18 Agustus-2 September 2018 tersebut.

Pembangunan gedung utama boling ini merupakan bantuan dana CSR PT OKI Pulp & Paper Mills senilai Rp 27 Miliar. Dikerjakan selama sekitar setahun, telah rampung sejak November 2017 dan sempat diuji coba untuk sebuah kompetisi boling tingkat nasional pada Maret 2018.

Vice Director PT OKI Pulp & Paper Mills, Gadang H. Wartawan mengatakan Venue boling ini merupakan betul-betul venue baru yang mulai dibangun dari nol di atas tanah kondisi tanah rawa, dengan pengerjaannya selama hampir satu tahun.

"Gedung berstandar internasional dengan luas bangunan sekitar 4.200 meter persegi ini, menggunakan sistem suspended foundation. Ada 100 titik tiang pancang di venue ini, guna memperkokoh venue agar tidak miring. Sistem ini juga menjaga agar tidak terjadi penurunan pada bangunan," jelasnya.

Bagian depan gedung ini memiliki ciri khas, yakni dua pin boling raksasa yang ditempatkan di kanan dan kiri pintu masuk. Gedung dua lantai ini dapat menampung sekitar 300 penonton, yang disiapkan di lantai satu dan dua.

Sementara di lantai satu dijadikan arena boling dengan jumlah lintasan bola alias bowling lane sebanyak 40 lane.

Serah terima Jakabaring Bowling Center dilakukan sebagai menjadi wujud kebanggaan serta kontribusi APP Sinar Mas atas terpilihnya kembali Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games tersebut.

Seremonial penyerahan venue boling oleh APP Sinar Mas kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) digelar pada Rabu (30/5) lalu.

Serah terima gedung diserahkan langsung kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Menurut Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, APP Sinar Mas sebagai "Official Partner Asian Games 2018" berupaya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi momen bersejarah ini melalui berbagai bentuk dukungan.

"Salah satunya melalui pembangunan Jakabaring Bowling Center yang merupakan simbol penting bagi Indonesia untuk menunjukkan kemajuan bangsa ini," ujarnya.

Selain Jakabaring Bowling Center, APP Sinar Mas juga memberikan dukungan lain terhadap keberhasilan Asian Games 2018 dengan turut mencegah secara intensif terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini sejalan dengan target Presiden RI Jokowi untuk menjalankan Asian Games 2018 tanpa api dan asap. Melalui investasi tambahan senilai sekitar 3,8 juta dolar AS, APP Sinar Mas meluncurkan program "No Fire No Haze", dimana Palembang, sebagai salah satu lokasi perhelatan Asian Games 2018, menjadi salah satu prioritas utama untuk mencegah karhutla.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/sport/2018/06/01/jakabaring-bowling-center-gunakan-sistem-suspended-foundation-dijamin-tak-turun-bangunannya

0 Response to "Jakabaring Bowling Center Gunakan Sistem Suspended Foundation Dijamin tak Turun Bangunannya"

Posting Komentar