8.422 Relawan PMI Bakal Disiagakan di Sejumlah Titik yang Dilintasi Pemudik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) memimpin Apel Siaga Lebaran sekaligus melepas tim relawan PMI yang akan bertugas dalam siaga lebaran tahun 2018, kerjasama PMI dengan Kementerian Perhubungan RI. Pelepasan dilakukan di Lapangan Utama Stasiun Gambir pada Kamis (7/6/2018).

Pelepasan diikuti 80 kru ambulans PMI, 120 Relawan PMI, 20 Ambulans dari PMI dan Kementerian Perhubungan serta 200 perwakilan Taruna/Taruni Sekolah Tinggi dilingkup Kementerian Perhubungan. Ketua Panitia Apel Siaga Lebaran Markas Pusat PMI Farid Husain mengatakan, PMI menyiapkan 586 titik Pos Pertolongan Pertama, 393 ambulans dan 8.422 relawan, termasuk dokter dan paramedis, yang mampu memberikan pertolongan pertama.

“Seluruh personil akan bertugas mulai H-7 hingga H+7 di Pos PP PMI yang berlokasi di tempat-tempat keramaian sepanjang pantura, terminal bis, stasiun kereta, pelabuhan laut, pusat rekreasi atau kawasan wisata, yang banyak dikunjungi masyarakat saat Hari Raya Idul Fitri,” jelas Farid Husain dalam keterangan persnya.

Agar dapat memberikan akses pertolongan lebih cepat di wilayah yang sulit dijangkau, PMI memobilisasi layanan pertolongan pertama bergerak (mobile) dengan menggunakan kendaraan sepeda dan sepeda motor.

“PMI juga menempatkan pos PP di 6 titik ruas tol yang baru dibuka di Jawa dan Sumatera serta menempatkan pos-pos di sejumlah masjid, bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk memaksimalkan pelayanan bagi pemudik,” tambah Farid Husain.

Disamping itu, PMI dengan dukungan dari Hansplast (PT. Biedersdorf Indonesia) membuka 7 titik Pos PP di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Rumah sakit PMI di Bogor, Kendari dan Lhokseumawe, 49 klinik PMI, dan 219 Unit Donor Darah (UDD) PMI disiagakan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi pemudik. Bagi pemudik yang memerlukan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan, dapat membuka Aplikasi Pertolongan Pertama (first aid) dengan cara mengunduh di play store.

Apel siaga lebaran kali ini juga ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara PMI dan Kementerian Perhubungan mengenai penyelenggaraan kepalangmerahan dalam mendukung pelayanan di bidang transportasi. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita dan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Kegiatan Siaga Lebaran ini juga terlaksana atas kerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Polri, TNI, Pemerintah Daerah dan PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/06/07/8422-relawan-pmi-bakal-disiagakan-di-sejumlah-titik-yang-dilintasi-pemudik

0 Response to "8.422 Relawan PMI Bakal Disiagakan di Sejumlah Titik yang Dilintasi Pemudik"

Posting Komentar