Oen Sin Yang seniman gambang kromong klasik 'terakhir' di Tangerang

Di teras rumahnya di Kampung Sewan Tangerang Banten, Oen Sin Yang memainkan alat musik gesek Kong'ahyang yang merupakan salah satu instrumen dalam gambang kromong.

"Itu 'rajanya' lagu klasik Phoa Silitan," Sin Yang menjelaskan musik yang dimainkannya.

Phoa Silitan merupakan lagu klasik -yang biasa disebut 'lagu dalam', yang bercerita tentang kisah Bu Tjek Hian, pahlawan perempuan yang memimpin pemberontakan dan menjadi kaisar perempuan di Cina dari 690 sampai 705 Masehi.

Dulu, menurut Sin Yang, lagu tersebut seringkali dinyanyikan oleh Masnah, ibu tirinya yang merupakan maestro gambang kromong.

"Yang bisa (nyanyi) itu ibu saya, sekarang tidak ada anak muda yang bisa," jelas Sin Yang.

Ayahnya, mendiang Oen Oen Hok merupakan seorang panjak atau penabuh instrumen gambang kromong, yang terkenal pada masanya di tahun 1970-1990an. Sin Yang mempelajari gambang kromong secara otodidak, dan mulai serius menggelutinya ketika ayahnya meninggal dunia.

"Saya nggaksuka ikut karena malu, saya enggak diajarin sama orang tua, cuma lihat dan kemudian belajar sendiri," ungkap Sin Yang.

Sin Yang, sau dari sedikit sekali pemusik gambang kromong klasik di Tangerang, yang masih dapat memainkan lagu-lagu klasik atau 'lagu dalam.'

"Sejak tahun 1980an sudah menurun, karena pemain sudah meninggal kan, sudahtua-tua. Main (lagu-lagu) ini anak muda nggak bisa. Sudah punah. Tidak ada yang mukul-mukul," katanya.

Saat ini Sin Yang lebih banyak melayani permintaan untuk bermain tehyan atau alat musik gesek yang berasal dari Cina, dan jarang memainkan lagu bersama gambang kromong karena sulit mencari pemain yang bisa memainkan lagu klasik, bahkan setelah mendiang Masnah meninggal, tak ada yang dapat menggantikannya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/internasional/2018/03/27/oen-sin-yang-seniman-gambang-kromong-klasik-terakhir-di-tangerang

0 Response to "Oen Sin Yang seniman gambang kromong klasik 'terakhir' di Tangerang"

Posting Komentar