Kolaborasi Moka, Sleekr dan KoinWorks Ajak UKM Go Digital Lewat Komunitas 'Pahlawan UKM'

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Geliat membawa perusahaan skala usaha kecil dan menengah (UKM) ke dunia digital terus menguat di Tanah Air.

Para pegiat industri e-commerce termasuk pengelola aplikasi digital bahu membahu mengajak mereka memasarkan produknya dengan memanfaatkan teknologi digital yang mereka miliki agar pasar dan manajemen usahanya semakin berkembang.

Seperti dilakukan tiga perusahaan Software as a Service (SaaS) Indonesia ini. Moka, Sleekr dan KoinWorks meluncurkan komunitas bertajuk Pahlawan UKM (PUKM) yang ditujukan sebagai wadah fungsional bagi pengembangan UKM di Indonesia.

Melaui pendirian komunitas bisnis ini, tiga perusahaan SAAS Indonesia ini hendak mentransformasi para pelaku UKM Indonesia semakin maju dengan usaha yang digeluti.

Menandai peluncuran komunitas, Moka, Sleekr dan KoinWorks menggelar seminar yang mengundang hampir 70-an pelaku UKM di Jakarta Creative Hub, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, saat ini terdapat 59 juta pelaku
UKM di Indonesia. Namun dari jumlah itu, baru 8 persen yang telah memanfaatkan teknologi online untuk memperluas pasarnya.

Achmad Ja'far Al Fakhry, Head of Community and Events MokaPOS mengatakan,  Software as a Service (SaaS) Indonesia merupakan gabungan perusahaan untuk mewadahi para penggiat UKM untuk go digital.

"Melalui seminar pertama ini, kita mengedukasi teman-teman UKM UKM mengembangkan bisnisnya di digital. Kota fokus dulu di Jakarta sebelum kemudian ke kota kota besar lain seperti Surabaya, Bandung," ungkapnya.

Dari total hampir 70-an UKM yang bergabung di workshop ini, mereka berasal dari beragam latar belakang bisnis mulai dari kuliner, fashion dan lain-lain.

"Kita mengedukasi bagaimana membuat konten yang baik di digital, juga gambarnya. Kita bantu mereka bergabung juga di tiga platform yang sudah ada di Koinworks, Moka dan Stikerin. Kami di platform digital saling bersinergi membantu mereka berkembang. Tiga SAAS Company ini saling mendukung karena UKM yang kita bantu berbeda-beda segmennya," ungkap Debby Lufiasita, head of Communications KoinWorks.

Debby menambahkan, UKM-UKM ini diundang ikut workshop melalui media sosial, antara lain akun Instagram. Ada juga dari kalangan UKM ini yang sudah menjadi merchant SAAS Company. 

"Di kegiatan workshop sehari ini UKM bisa saling berbagi pengalaman mengelola UKM menjadi lebih besar. Ini workshop pertama yang kita gelar dan momennya mendekati 17 Agustus, sekaligus untuk perayaan kemerdekaan Indonesia," imbuhnya.

Moka saat ini dipercaya oleh lebih dari 10 ribu outlet UKM di Indonesia. Menurut mereka, dua hal yang paling dibutuhkan UKM adalah marketing dan dukungan permodalan.

Diana Octavia, Marketing Manager Sleekr menambahkan, melalui kegiatan ini pihaknya berusaha membantu UKM sisi operasional agar lebih berkembang lagi. "Kebetulan kita bertiga di 3 perusahaan SAAS Indonesia ini memiliki visi yang sama," ungkap Diana.

Terkait bisnis yang digeluti selama ini, Moka merupakan perusahaan penyedia layanan Point of Sale (POS) berbasis digital. Sementara Sleekr merupakan perusahaan penyedia platform bisnis berbasis komputasi awan dalam pengelolaan manajemen akuntansi keuangan dan karyawan (SDM) dan KoinWorks adalah penyedia layanan finansial pinjaman dengan sistem P2P Fintech Lending.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/08/14/kolaborasi-moka-sleekr-dan-koinworks-ajak-ukm-go-digital-lewat-komunitas-pahlawan-ukm

0 Response to "Kolaborasi Moka, Sleekr dan KoinWorks Ajak UKM Go Digital Lewat Komunitas 'Pahlawan UKM'"

Posting Komentar